HuKrim

Oknum Anggota DPRD Takalar Diduga Terlibat Rusak Hutan Suaka

×

Oknum Anggota DPRD Takalar Diduga Terlibat Rusak Hutan Suaka

Sebarkan artikel ini

Takalar – Kepala Bidang Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan, Ir. Ahmad Yani, menyebutkan, oknum anggota DPRD Kabupaten Takalar, inisial, JB, diduga terlibat melakukan pengrusakan hutan di wilayah hutan Suaka Margasatwa Ko’mara, di Desa Barugaya, Kecamatan Polongbangkeng Utara.

Dugaan tersebut muncul setelah Balai Penegakan Hukum (Gakkum) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sulawesi Selatan, yang melibatkan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan bersama dengan Polda Sulsel, Dandenpom XIV/4 Makassar dan KPH Jeneberang II, melakukan operasi gabungan di wilayah tersebut, Sabtu (21/3/2020).

Click Here

“JB diduga telah melakukan pengrusakan hutan dengan cara membuka pengerjaan jalan wilayah hutan Suaka Margasatwa Ko’mara sepanjang 1,2 Kilometer (KM) dengan lebar 6 Meter. JB juga diduga melakukan pengrusakan pohon dari jenis jati, pohon bitti, pohon beringin,” kata Ahmad Yani.

Selain itu, Ahmad Yani, mengatakan, juga mengamankan alat berat berupa ekskavator yang diduga kuat digunakan JB melakukan pengrusakan hutan.

“Sebenarnya hari ini juga kami mau sita alat beratnya, tetapi karena tidak mau distarter ya kami titip di Kepala Desa Barugaya dulu. Untuk pengembangan kasus ini kami sementara mencari operator ekskavator dan mandor jalan tersebut,” tutup Ahmad Yani.

Saat dikonfirmasi, JB, membantah tudingan tersebut.

Menurut JB, hutan yang ia garap di atas tanah miliknya. Dan memiliki bukti berupa rincian di Pemerintah Desa.

“Lahan itu milik saya tetapi diakui pihak Kehutanan. Dasarnya pihak Kehutanan apa?. Sementara lahan itu ada bukti rincinya di Pemerintah Desa. Harusnya pihak Kehutanan yang diproses karena mau mengambil tanah saya,” tegasnya.

(Rin).

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d