Scroll untuk baca artikel
Daerah

Bantu Beragam Persoalan, Eksistensi Karang Taruna Lebak Dirasakan Masyarakat

×

Bantu Beragam Persoalan, Eksistensi Karang Taruna Lebak Dirasakan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

SEKILASINDONESIA.ID, LEBAK – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak, Eka Darmana Putra mengharapkan agar anggota Karang Taruna dapat berperan dimasyarakat. Karena dengan begitu, keberadaan Karang Taruna dapat dirasakan. Tentu saja himbauan dari Kepala Dinsos tersebut berlaku bagi seluruh anggota diberbagai tingkatan, mulai dari tingkat Desa, Kecamatan sampai dengan Kabupaten.

Diungkapkan Eka, masyarakat saat ini harus saling bahu membahu untuk membantu masyarakat disekitar, karena banyak persoalan terutama di bidang sosial yang harus mendapatkan perhatian. Dengan begitu, anggota Karang Taruna harus jeli dan hadir untuk membantu warga, tak perlu pilih pilih status sosial dan persoalan.

Click Here

“Karang Taruna harus hadir ditengah-tengah masyarakat. Berikan pendampingan kepada warga, bantu warga yang membutuhkan, contoh soal. Jika ada warga kurang mampu yang mau melahirkan tapi tidak punya biaya untuk transportasi dan biaya persalinan, segera bawa ke pusat layanan kesehatan, urusan pembiayaan, silahkan bantu urus administrasi seperti surat keterangan tidak mampu, ajukan ke Dinas Sosial. Kita bantu pembiayaan kok, nah dengan begitu, Karang Taruna juga sudah membantu meringankan beban mereka,” kata Eka Darmana Putra, ketika memberikan pemaparan pada acara peningkatan Kapasitas anggota Karang Taruna sekaligus Buka Bersama, yang berlangsung di Balong Ranca Lentah, Rangkasbitung, Rabu(20/4/2022) sore pukul 17.00 Wib.

Pihaknya bersyukur, karena Karang Taruna Kabupaten Lebak dinilai telah membantu pemerintah daerah dalam rangka menangani berbagai macam persoalan, terutama urusan kebencanaan. Sehingga tanpa disadari, eksistensi Karang Taruna sudah terbentuk secara alami, tentu saja hal itu harus dipertahankan.

“Saya lihat eksistensi Karang Taruna saat ini sudah dapat dirasakan oleh masyarakat. Buktinya, anggota Karang Taruna selalu hadir untuk membantu masyarakat di lokasi lokasi bencana. Nah, ini yang saya inginkan, semoga ini dapat dipertahankan,” harap Eka.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Lebak, Kuncoro Addakiri, mengamini pernyataan dari Kepala Dinas Sosial. Karena kata dia, selama ini anggotanya selalu berupaya untuk hadir ditengah tengah masyarakat, hal itu dikarenakan rasa empati yang tinggi kepada warga. Untuk itu kata dia, pada kesempatan acara peningkatan kapasitas pengurus Karang Taruna, ia menginginkan agar anggotanya dapat lebih berperan lagi ditengah tengah masyarakat.

Ia juga mengemukakan terkait pentingnya semangat juang bagi seluruh pengurus diberbagai tingkatan. Pihaknya saat ini harus menjadi penggerak ditengah kelesuan karena dampak Pandemi Covid 19, sehingga diperlukannya pemikiran dan ide ide cerdas untuk menggerakan masyarakat dalam berbagai sektor.

Kuncoro mencontohkan, masih banyak pelaku usaha mikro di pedesaan yang tidak menguasai aplikasi market place. Maka diharapkan, jajaran pengurus membantu mengenalkan pemasaran berbasis online.

“Kita berusaha hadir ditengah tengah masyarakat, karena kita berpegang teguh pada pemberdayaan masyarakat. Bantu petani, pedagang, agar mereka bisa eksis kembali,” kata Kuncoro.

Setelah acara peningkatan kapasitas berakhir, Karang Taruna kemudian melanjutkan acara santunan sembako dan uang jajan kepada anak yatim piatu serta buka bersama.

(Usep).

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d