DaerahPolitik

Terwujudnya Pendidikan yang Berkualitas, Komisi IV DPRD Beri Dukungan Ke Ponpes

×

Terwujudnya Pendidikan yang Berkualitas, Komisi IV DPRD Beri Dukungan Ke Ponpes

Sebarkan artikel ini

BANGKA BELITUNG – Peran penting pondok pesantren didalam dunia pendidikan menjadi perhatian serius Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Bangka belitung, diharapkan, Pondok pesantren di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat lebih berkualitas, inovatif dan mampu berdaya saing.

Ketua Komisi IV DPRD Babel, Jawarno mengatakan, bahwa ia bersama lembaga DPRD sangat berharap ada peningkatan terhadap kualitas pendidikan yang ada di pondok pesantren.

Click Here

“Dulu kita lihat ada beberapa ponpes yang booming, tapi sekarang bahkan ada yang tidak beroperasional lagi, ini yang harus kita hindari. Saya harap ponpes di Babel ini termasuk di sini (Darul Abror) bisa lebih menjaga kualitas dengan berbagai inovasi.” Imbuhnya, saat bersilahturahmi dan melakukan kunjungan kerja ke Pondok Pesantren Darul Abrol di Desa Kace, Kec. Mendo Barat, Kab. Bangka, kamis (4/11).

Pada kesempatan yang sama, wakil ketua Komisi IV, Ust. Dede Purnama, menjelaskan, bahwa terkait dengan Raperda Pemberdayaan Pesantren yang baru-baru ini susah diparipurnakan, Komisi IV sangat optimis raperda tersebut dapat difasilitasi oleh Kemendagri.

“Kita sudah membahas panjang lebar tentang ini dengan pihak Kemendagri, dan kita optimis Kemendagri bisa memfasilitasi. Ini salah satu usaha kami di DPRD untuk meningkatkan kualitas ponpes di Babel, selanjutnya dari sisi internal kami serahkan ke pihak ponpes.” Ucap Ust. Dede Purnama yang juga selaku ketua pansus Pemberdayaan Pesantren.

Sementara itu, anggota Komisi IV, Dody Kusdian, mengatakan, jika kualitas ponpes tak lepas dari sinkorinasi data untuk fasilitas sarana dan prasarana serta akreditasi sebagai bahan pertimbangan warga masyarakat yang mau menitipkan anaknya di ponpes.

“Sinkronisasi data fasilitas sarana dan prasarana ini sangat penting untuk menunjang peningkatan kualitas ponpes, jangan sampai nanti, pihak ponpes minta sesuatu, namun tidak ada datanya di dinas, jadi percuma.” Jelas Dody.

Atas saran dan masukan ini, Ketua Ponpes, Ust. Ahmad Yani sangat bersyukur mendapatkan pedoman dalam meningkatkan kualitas pendidikan di ponpes ini.

“Kami sangat berterimakasih dengan saran dan masukan, dan kami juga mengharapkan dukungan dari semua pihak termasuk DPRD untuk bersama-sama memajukan dunia pesantren sebagai penguatan karakteristik keagaman di Babel.” Harapnya.

Anggota Komisi IV lainnya yang turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Marsidi, Johansen Tumanggor, Evi Junita, Ranto Sendhu, Harianto, dan Toni Mukti. Kegiatan ditutup dengan peninjauan beberapa fasilitas di ponpes seperti kamar santri, aktifitas belajar mengajar dan kunjungan ke asrama putri yang terpisah dengan gedung utama dan asrama putri. (Budi)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d