Nasional

KPU Minta Kubu Jokowi dan Prabowo Tidak Saling Klaim Kemenangan

×

KPU Minta Kubu Jokowi dan Prabowo Tidak Saling Klaim Kemenangan

Sebarkan artikel ini
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) bersama Ketua KPU Arief Budiman (kedua kiri) sebelum mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu 30 Maret 2019. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

 

JAKARTA, SEKILASINDO.COM – Komisioner KPU Pramono Ubaid meminta semua pihak bersabar untuk menunggu perhitungan suara oleh penyelenggara pemilu. KPU berharap kedua kubu pasangan calon presiden tidak saling klaim kemenangan.

Click Here

“Kami berharap klaim kemenangan dilakukan setelah hasil resmi yang dikeluarkan oleh KPU,” kata Pramono di Hotel Ritz Carlton, Rabu, 17 April 2019.

Selain itu, KPU mengimbau agar dua kandidat pasangan calon presiden bisa menyampaikan kepada para pendukungnya agar menjaga ketenangan dan ketertiban. Menurut dia, para pendukung kedua pasangan calon tidak perlu melakukan tindakan di luar koridor hukum yang berlaku.

“Kalau merasa keberatan undang-undang sudah menyediakan mekanisme penyampaian keberatan,” ujarnya.

Menurut dia, peran elite politik juga perlu mendorong agar konstituen maupun simpatisan mereka untuk bisa menunggu hasil resmi yang akan dikeluarkan KPU. “Sama-sama menjaga ketenangan.”

Dalam hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi-Ma’ruf Amin, berhasil memenangkan pemilihan presiden 2019. Keduanya mengalahkan pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dengan selisih sekitar 9 persen.

Merujuk hasil hitung cepat Indo Barometer, dengan total suara masuk 97,33 persen, pasangan Jokowi-Ma’ruf mampu meraih 54,52 persen. Sementara Prabowo-Sandiaga 45,48 persen.

Sementara itu, untuk hasil pemilihan legislatif Partai Demokrat meraih 7,42 persen. Angka ini menurun dibandingkan lima tahun lalu yang meraih 10,9 persen.

Pada Rabu malam, Prabowo mengklaim telah memenangi pemilihan presiden 2019. Pernyataan ini diucapkan Prabowo di hadapan ribuan pendukungnya yang berada di rumahnya di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

 

 

sumber : tempo.co

 

 

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d