DaerahOpini

Isu Ekonomi Dalam Tema HUT Kabupaten Enrekang Ke-60

×

Isu Ekonomi Dalam Tema HUT Kabupaten Enrekang Ke-60

Sebarkan artikel ini

OPINI – Mengangkat isu ekonomi jadi tema di Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Enrekang ke 60 adalah sesuatu yang sangat tepat, melihat kedua pasangan pemimpin Enrekang H. Muslimin Bando dan Asman  paham apa sesungguhnya itu ekonomi.

Dimana kemajuan suatu daerah akan terlihat dari sejauh mana percepatan roda pertumbuhan serta perkembangan ekonominya.

Click Here

Kabupaten Enrekang adalah merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam. Topografi, geografis dan iklimnya sangat mendukung sehingga daerah ini memiliki potensi sumber ekonomi, terutama  produksi pertanian khususnya, sayuran, hortikultura dan berbagai jenis tanaman produktif lainnya.

Disamping itu sebagian besar penduduk bergerak pada sektor jasa, membutuhkan kemampuan skil cukup.

Visi dan misi beliau perlahan namun pasti bisa terwujud di tahun 2023. Berbagai langkah positif telah dimaksimalkan sebagai penyangga yang kuat pencapain target.

Terlihat segala sesuatu telah direncanakan satu persatu ditindaklanjuti pada sebuah kegiatan. Di bidang keagamaan program telah berjalan dan sudah mulai dinikmati masyarakat, khususnya memaksimalkan badan amil zakat . Pengadaan tenaga ahli agama yang kini juga telah mulai bekerja di desa dan kelurahan.  Pembangunan, infrastruktur jalan dan irigasi, sarana pendidikan dan kesehatan serta bidang lain yang masuk dalam rencana kerja hampir semua rampung.

Enrekang adalah merupakan  daerah yang memiliki kejadian kriminal  yang sangat minim sehingga masyarakat merasa nyaman beraktivitas. Ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara pihak keamanan dengan pemerinta daerah.

Kemudian kesejahteraan masyarakat juga mulai terlihat. Apakah itu sektor pertanian, dengan menggunakan semi teknologi. Bangunan pemukiman dan sektor pariwisata mulai dikembangkan untuk menunjang pendapatan daerah. Juga masyarakat  yang membuka usaha di sekelilingnya.

Namun perlu diingat pencapaian, sebuah proses sangat ditentukan SDM tiap pelaksana. agar memiliki efektifitas dan  efisiensi kerja dengan output produk yang berkualitas.

Sebagai anggota masyarakat jadi objek pembangunan berharap kiranya agar percepatan peningkatan kesejahteraan harus berbanding lurus dengan kesadaran warga masyarakat menjaga  kerusakan alam dimana mereka beraktivitas.

Keterlibatan dan peran serta masyarakat untuk turut serta memikirkan Enrekang sangat diharapkan, agar kita tidak dilahirkan untuk hidup hanya jadi penikmat, mengkritisi, bukan penyumbang solusi untuk penyelesaian masalah.

Momentum  diulang tahun ke 60 mari kita berbenah. Tingkatkan keberhasilan, minimalisir kegagalan. Enrekang maju rakyat sejahtera.

Penulis : Drs. Muskiman Haning (Ketua Apdesi Enrekang)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d