DaerahUncategorized

TP PKK Maradekaya Imunisasi dan Timbang Balita

×

TP PKK Maradekaya Imunisasi dan Timbang Balita

Sebarkan artikel ini

TAKALAR, SEKILASINDO.COM – TP PKK Kelurahan Maradekaya melakukan imunisasi dan timbang balita di Posbindu Lingkungan Masago, Kabupaten Takalar, Senin (11/11/2019).

Dihadiri Ketua TP PKK kelurahan, Petugas imunisasi dari PKM Pattallassang dan Kader Posyandu, orangtua dan anak dari Lingkungan Masago, Bilacaddi dan Bontotala.

Click Here

Ketua TP PKK kelurahan, Kasmawati S.Kep, mengatakan bahwa penimbangan merupakan langkah awal dalam kegiatan utama program perbaikan gizi anak.

Hal ini sebagai upaya masyarakat dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

Antusiasme masyarakat se Kelurahan Maradekaya terlihat pada perbandingan jumlah balita yang ditimbang dengan jumlah balita yang ada.

“Jika partisipasi bayi atau balita yang menimbang semakin tinggi, maka semakin banyak pula data penggambaran status gizi mereka,” jelas Kasmawati.

Kata dia, tinggi rendahnya partisipasi tersebut, dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan gizi, faktor ekonomi dan sosial budaya.

Petugas imunisasi dari PKM Pattalasang, Hj Kanang Rusmiati, mengatakan, bahwa imunisasi bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh balita terhadap suatu penyakit, dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu.

“Antibodi dari seseorang dapat terbentuk jika diberikan vaksin sesuai jadwal yang telah ditentukan,” terangnya.

Disebutkan jadwal imunisasi tergantung jenis penyakit yang hendak dicegah.

Sejumlah vaksin cukup diberikan satu kali, tetapi ada juga yang harus diberikan beberapa kali, dan diulang pada usia tertentu.

“Vaksin diberikan pada balita melalui suntik atau tetes di mulut,” tutupnya Hj Kanang.

(Suherman)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d