Daerah

Hari Kesaktian Pancasila Kelurahan Kalabbirang Nobar G30S PKI

×

Hari Kesaktian Pancasila Kelurahan Kalabbirang Nobar G30S PKI

Sebarkan artikel ini

TAKALAR, SEKILASINDO.COM – Hari Kesaktian Pancasila tidak terlepas dari tragedi Pemberontakan ‘Gerakan 30 September’ atau G30S PKI menjadi salah satu sejarah bangsa yang tidak bisa dilupakan.

Pemberontakan G30S PKI ini dijadikan momen penting oleh pemerintah Kelurahan Kalabbirang untuk mengingatkan semua kalangan agar tidak lupa akan sejarah bangsa Indonesia dengan mengajak semua kalangan muda dan tua untuk menonton bersama film G30S PKI ini sebagai langkah dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober, Selasa malam 1/10/2019

Click Here

Kegiatan Acara nonton bareng di lokasikan di kediaman Lurah Kalabbirang ini dihadiri oleh Lurah Kalabbirang, Babinsa, Babinkantibmas, Kepala Lingkungan, Tokoh Masyarakat sekelurahan Kalabbirang, para Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) dan para pencinta Kopi Warkop Poros Tengah (Poteng).

Bansuhari Said S.Ap M.Si mengatakan bahwa salah satu satunya dengan kita mengingat sejarah.

“Sebenarnya kegiatan ini juga menjadi salah satu proker adik-adik KKN UNM yang ada di Kelurahan Kalabbirang, yah akhirnya kegiatan ini kami laksanakan,” ucapnya Lurah.

Peringatan hari kesaktian Pancasila bisa dijadikan kebangkitan bagi kita semua untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung mulai luntur.

Kata Lurah, nilai-nilai itulah yang kemudian kita maknai sebagai ghiroh untuk membangun kembali jati diri bangsa.

Bangsa ini bisa berdiri tegak, hanya jika mau kembali menghidupkan dan sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

“Pancasila adalah dasar negara dan menjadi sumber hukum yang mengatur masyarakat Indonesia, termasuk kehidupan berpolitik. Karena itu, partai politik sebagai salah satu infrastruktur politik dan segala sesuatu yang hadir dan lahir di negara ini, harus tunduk pada Pancasila,” jelasnya.

 

Untuk itulah Kelurahan Kalabbirang menunjukkan rasa Nasionalisme dengan cara mendoakan dan mengenang para pahlawan Republik Indonesia, salah satunya di gerakan 30 S/PKI ini.

Setelah nonton bareng acara dilanjutkan makan malam yang telah disiapkan salah satu lurah andalan Kecamatan Pattalassang, Kelurahan Kalabbirang.

(Suherman)

 

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d