Daerah

Gandeng Berbagai Elemen, PPNI Bangun 17 Unit Jamban untuk Warga Lebak

×

Gandeng Berbagai Elemen, PPNI Bangun 17 Unit Jamban untuk Warga Lebak

Sebarkan artikel ini

SEKILASINDONESIA.ID, LEBAK – DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kab.Lebak menggandeng beberapa instansi dan elemen masyarakat mengadakan kegiatan bakti sosial berupa pembangunan jamban bagi warga di Kp. Cidadap Desa Ciakar Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak, Banten. Pencanangan kegiatan dilaksanakan Selasa (29/03/2022)

Ketua DPD PPNI Lebak, Endang Komarudin menjelaskan, sebanyak 17 titik jamban dibangun di Kp. Cidadap Desa Ciakar dalam rangka HUT PPNI ke 48.

Click Here

Lanjut dia, beberapa instansi dan elemen masyarakat juga terlibat dalam kegiatan itu seperti Batalyon Mandala Yudha, Dinas Kesehatan, Puskesmas Gunung Kencana, Pemdes Gunung Kencana, Himpunan Mahasiswa Gunung Kencana (Himaguna), Ormas Jarum, dan STBM Provinsi Banten.

Dia menambahkan, bantuan pembangunan 17 unit jamban itu sebagai bagian dari gerakan untuk mewujudkan kabupaten Lebak bebas dari prilaku buang hajat sembarangan.

“Biaya pembuatan jamban itu cukup murah, kisaran Rp 1 – 1,5 juta. Diharapkan lebih banyak lagi kelompok masyarakat yang mau berpartisipasi dalam gerakan sosial ini,” kata dia.

Untuk pengerjaannya, dilakukan dengan gotong royong oleh warga. Donatur hanya memberikan bantuan berupa material.

 

Endang Komarudin juga mengundang kehadiran dunia usaha untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan itu melalui CSR yang menjadi kewajiban setiap perusahaan.

Wandi Asayyid, Sekretaris Ormas Jarum mengaku pihaknya turut terlibat pada kegiatan sosial itu sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Rencana kedepannya kata dia, seluruh pengurus Ormas Jarum akan diintruksikan untuk membuat kegiatan serupa di lingkungannya masing-masing.

“Kegiatan baksos di Ciakar ini hanya stimulan, yang harus menjadi pemantik elemen masyarakat Lebak untuk bergerak membangunkan jamban bagi tetangganya yang tidak punya jamban,” kata Wandi.

(Usep_Red).

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d