Daerah

Resmikan Co-firing PLTU Suge, PLN UIW Babel Dukung Pemerintah Capai Target Bauran Energi Terbarukan di Tahun 2025

×

Resmikan Co-firing PLTU Suge, PLN UIW Babel Dukung Pemerintah Capai Target Bauran Energi Terbarukan di Tahun 2025

Sebarkan artikel ini

Sekilasindonesia.id, BELITUNG 04 Maret 2022 – _Co-firing_ merupakan salah satu program strategis PLN dalam meningkatkan bauran energi baru terbarukan sebesar 23 persen pada 2025, melalui pemanfaatan biomassa hutan tanaman energi, pelet sampah, dan limbah perkebunan atau pertanian sebagai subtitusi sebagian bahan bakar batu bara di PLTU.

Sebagai bentuk dukungan PLN terhadap Pemerintah dalam mencapai target pemanfaatan Bauran Energi Terbarukan, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung melalui acara daring, melaksanakan _Go Live Komersial Co-Firing_ di PLTU Suge (2×16,5 MW), yang juga selaras dengan salah satu program transformasi PLN yaitu _Green._

Click Here

General Manager PLN UIW Babel, Amris Adnan dalam sambutannya menyebutkan bahwa upaya pendekatan ke stakeholder menjadi kunci dalam proses penyediaan bahan bakar biomassa.

“Implementasi _co-firing_ PLTU Suge ini dalam rangka tersedianya _green energy_ untuk menghasilkan kWh _green._ Untuk mendukung target bauran energi nasional EBT tahun 2025 sebesar 23%. Co-firing_ PLTU Suge ini juga bagian dari program ESG dan dekarbonisasi – _Net Zero Emission_ 2060 dengan penurunan karbon CO2 yang ditetapkan oleh PLN Pusat,” kata Amris.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan PLN, Adi Lumakso mengucapkan apresiasi kepada PLN UIW Babel atas implementasi _co-firing_ PLTU Suge.

“Alhamdulillah, terima kasih kami sampaikan kepada Manajemen UIW Babel dan semua pihak yang telah mensukseskan program _co-firing_ di lingkungan Regional Sumatera dan Kalimantan. Dengan implementasi _co-firing_ ini, maka PLN Regional Sumatera dan Kalimantan akan mendapatkan tambahan sebesar 1,6 MW Green dan masih terdapat 13 lokasi PLTU eksisting lainnya yang direncanakan _go live_ pada tahun 2022 ini,” ungkap Adi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Mega Proyek dan EBT PLN, Wiluyo Kusdwiharto mengajak seluruh insan PLN untuk terus mendorong implementasi _co-firing_ hingga memenuhi kebutuhan biomassa tahun 2025 demi terciptanya Net Zero Emission 2060.

“Dengan suksesnya implementasi _co-firing_ di berbagai lokasi PLTU, mari kita capai target program _co-firing_ di tahun 2025 sebesar 10 juta ton kebutuhan biomassa,” ujar Wiluyo.

Sebelumnya, ujicoba _co-firing_ telah sukses dilaksanakan pada tanggal 9-18 Juni 2020 menggunakan cangkang sawit sebesar 5% yang melibatkan PLN Puslitbang dan PT PJB sebagai asset manager PLTU Suge. (BD)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d