Daerah

Bulan Kesehatan Gigi Nasional, PDGI Asmat Gelar Penyuluhan dan Sikat Gigi Bersama Siswa

×

Bulan Kesehatan Gigi Nasional, PDGI Asmat Gelar Penyuluhan dan Sikat Gigi Bersama Siswa

Sebarkan artikel ini

ASMAT – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Merauke wilayah Kabupaten Asmat mengelar kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan sikat gigi serentak.

Antusias ratusan siswa sekolah dasar persiapan negeri 2 Mbait ikut penyuluhan kesehatan gigi dan sikat gigi dengan dihadirkan dokter serta tenaga medis, bertempat di Aula Kantor Unit Penyelenggaraan pelabuhan kelas III Kabupaten Asmat, pada hari Jumat 12/11/2021.

Click Here

Kegiatan ini juga bertepatan Hari Kesehatan Nasional HKN ke 57 dengan mengangkat tema “Hubungan Gigi dan Mulut dengan Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan”.

Ketua panitia drg. Yenny Yokung Yong, MDSc.,Sp.Perio, menyampaikan dengan adanya kegiatan ini bisa menambah kesadaran pentingnya merawat kesehatan gigi sejak dini.

Menurutnya, pentingnya menjaga kesehatan gigi pada anak akan memberikan dampak positif pada kebersihan rongga mulut dan terhindar dari karies atau gigi berlubang.

Disamping itu kata dia, melihat kasus kanker mulut yang banyak terjadi di kabupaten Asmat, sehingga pentingnya membiasakan anak untuk rajin merawat rongga mulut adalah langkah promotif.

Dimana, kasus kanker mulut ini banyak terjadi disebabkan karena cara mengkonsumsi pinang yang salah dan berlebih.

“Oleh karena itu, langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pemahaman sejak dini bahaya makan pinang dan wajib memeriksakan ke dokter gigi minimal setiap enam bulan,” tulis rilis yang diterima awak media. Sabtu (13/11/2021).

Iapun harapkan dengan adanya acara ini mampu meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakat yang lebih baik lagi.

Kegiatan tersebut, terselenggara atas kerja sama Pepsodent yang merupakan brand perawatan gigi dan mulut produksi PT Unilever Indonesia Tbk dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) dan Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI).

(Firmansyah)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d