Daerah

Panen Jagung Ditengah Pandemi Covid-19

×

Panen Jagung Ditengah Pandemi Covid-19

Sebarkan artikel ini

 

PASANGKAYU – Ditengah pandemi Corono Virus Covid-19, tidak menyurutkan bagi kelompok tani untuk melakukan panen jagung demi menunjang kebutuhan saat menjelang bulan suci Ramadhan.

Click Here

Covid-19 saat ini masih menghantui lapisan Masyarakat karena begitu cepatnya penyebaran (covid19-red), sehingga dampak yang ditimbulkan membuat pemerintah melakukan tindakan pencegahan dengan melakukan social distancing.

Kepala Dinas Pertanian Pasangkayu, Ir. Irman, MM., mengatakan, untuk hamparan pertanian seperti tanaman Jagung secara umum telah memasuki masa panen raya dan itu di mulai akhir Maret sampai April.

Hari ini ada 2 kelompok tani yang melakukan panen jagung yakni Bina Bersama di Kecamatan Bambalamotu serta Siamasei (Kecamatan-red) Tikke Raya dan masih banyak lagi di wilayah Pasangkayu.

“Untuk lahan di wilayah Tikke Raya kurang lebih 474 Hektare (Ha) sementara ditanami jagung hanya 460 Ha dan khusus di Desa Lariang tanaman (jagung-red) hanya 360 Ha dengan rata – rata hasil produksi 6 – 8 ton perhektare,” ucapnya, Senin 30/3/2020.

Menurut Irman, kebutuhan sehari – hari Masyarakat tetap harus terpenuhi terutama bahan makanan pokok seperti jagung dan beras, maka penyuluh Pertanian dan petanilah yang menjadi garda terdepan untuk menangani masalah kelangkaan ini.

Penyuluh tetap menjadi ujung tombak pemerintah dalam pendampingan ke petani dan pengawalan aktivitas bagi kelompok (tani-red) dilapangan, meskipun adanya pembatasan kunjungan di wilayah binaan, namun itu demi menjaga ketersediaan ketahanan pangan.

“Wabah Covid-19 tidak menghalangi kehadiran kami sebagai penyuluh pertanian dalam mendampingi kelompok tani melakukan panen jagung untuk mempertahankan ketersediaan pangan nasional khususnya di wilayah Kabupaten Pasangkayu,” tuturnya.

Reporter : Roy Mustari

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d