Daerah

Layani 27 Pasien ODP, Puskesmas Carita Gunakan APD Standar Baru

×

Layani 27 Pasien ODP, Puskesmas Carita Gunakan APD Standar Baru

Sebarkan artikel ini

PANDEGLANG– Puskesmas Carita selalu Upaya Antisipasi Covid-19, Sosialisasi, Virus Corona guna Menjaga stabilitas keamanan dan kesehatan tubuh dimasyarakat, terkait mewabahnya virus corona atau Covid-19, tim gabungan Puskesmas Carita, Polsek, Koramil, dan Satpol pp melakukan sosialisasi.

Sasaranya di terminal Pasar Carita, Mesjid musolla pos ojek dan tempat-tempat keramaian, bahkan di hotel-hotel yang ada di wilayah carita.

Click Here

Kepala UPTD Puskesmas Carita, Tien Sulaesiah Ss. M. kes, mengatakan, pihaknya bersama tim melakukan sosialisasi tidak hanya pada ditempat keramaian saja. Melainkan di desa-desa, juga menjadi sasaran .

Pantauan media Sekilas Indonesia, Tim Puskesmas carita berkeliling menggunakan mobil bersama tim dari Polsek, Koramil, dan Satpol PP, ia juga mengaku tim gugus tugas bersama tim muspikanya melakukan wawar pemberitahuan tentang pencegahan Covid-19 menggunakan APD ( alat Pelindung Diri) standar baru yang di kirim oleh pemerintah melalui Dinas Kesehatan kab. Pandeglang.

Kepala Puskesmas Carita Mengatakan “Kami bersama tim gugus tugas bersama tim muspikanya kita telah melakukan wawar pemberitahuan tentang pencegahan virus covid-19, gejala dan tandanya, kami juga telah melakukan penyemprotan di titik-titik di kecamatan carita termasuk sekolah kantor-kantor mesjid puskesmas kita lakukan penyemprotan dengan Desinfektan seminggu tiga kali bersama relawan Kecamatan Carita bersatu dengan tim Tgc Puskesmas juga.

Tim gerak cepat juga kami telah melakukan pee epemologinya oleh tim bidan desa untuk memantau dan melakukan kunjungan rumah pasien ODP orang dengan pemantauan kta lakukan kunjungan, apakah penyakitnya membaik atau makin parah, Kami juga sudah mendapatkan APD begitu lengkap dari gudang farmasi kabupaten pandeglang melalui dinas kesehatan, seperti masker, sarung tangan dan lain-lain.

Dalam setiap kegiatan seperti pnyemprotan kita kita gunakan jas hujan, untuk melayani pasien ODP kita sudah gunakan ADP setandar di tenda yang sudah kami sediakan dokter sudah melakukan nya.

Kami juga sudah melakukan pemeriksaan hotel-hotel dengan muspika, apakah hotel masih neberima tamu yang dari luar wilayah jika ada kmi lakukn tes suhu tapi tidak kami temukan suhu tinggi semuanya aman tidak ada suhu 37 atau lebih, untuk laporan kami dari tim sepelen kasus ODP Kecamatan carita itu sebanyak 27 orang kami lakukan langsung pemantauan selama 14 hari ke depan, pasien ODP belum ada yang di rujuk mudah-mudahan tidak ada, untuk kasus PDP tidak ada, mereka pasien ODP kami berikan himbauan tidak boleh kmana mana jaga jarak dan di pantau apakah sakitnya makin memburuk atau membaik, tuturnya. Jum,at (27/3/20).

Kasubag Tu Jai Suriadi mengajak masyarakat dapat mematuhi ketentuan- ketentuan dari pemeritah pusat, sebagai langkah pencegahan penularan virus corona atau Covid-19.” Kami juga selalu mengadakan tes suhu apabila suhu agak tinggi kita pisahkan agar tidak bercampur dgn pasien yang lain upaya antisipasi penularan virus Covid-19”.

Jika ada yang datang dari luar daerah kami laksanakan pemantauan, tien menambahkan kita juga sudah memeting ada jarak satu meter kursi tempat duduk pasien , antrian juga juga sudah di batasi dengan plat merah ada jarak, pasien yang punya suhu tinggi kami pisahkan tidak perlu masuk ke ruangan, semuanya sudah di atur oleh tim kami.

(Andi)

 

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d