DaerahHuKrim

Aksi Pencurian Sparepart Mesin Genset Milik Pemkab Basel Berhasil Di Gagalkan Satpol-pp

×

Aksi Pencurian Sparepart Mesin Genset Milik Pemkab Basel Berhasil Di Gagalkan Satpol-pp

Sebarkan artikel ini

BASEL -Satuan Polisi Pamong Peraja (Satpol PP) Kabupaten Bangka Selatan berhasil menggagalkan Pelaku Pencurian Aset milik Pemkab Basel berupa Sparepart mesin Lampu jenis Ganset, di Komplek Perkantoran Pemkab Bangka Selatan, Senin (5/12/2022) dini hari.

Pelaku di ketahui bernama Sudarto (40) dan Andre (DPO), Warga Jalan Diponogoro Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, yang berprofesi sebagai Buruh Harian Lepas.

Click Here

Menurut keterangan dari Salah satu Anggota Satpol-pp Bangka Selatan Irnanda (29) menjelaskan, Pada hari Senin Tanggal (5/12/22) sekira pukul 00.30, ia bersama dua rekannya sedang berjaga di pintu pos masuk kantor Bupati Bangka Selatan, dan melihat dua orang yang mencurigakan sedang lewat di depan Pos jaga.

“Pada malam itu saya bersama 2 teman saya sempat melihat ada dua orang berbonceng menggunakan kendaraan bermotor yang mana gerak geriknya mencurigakan menuju tempat penyimpanan mesin gengset yang berada dikantor Pemda Bangka Selatan, kemudian kami langsung pergi mengecek ketempat penyimpanan mesin genset,” Kata Irnanda Alias Nanda kepada wartawan.

Pada saat mengecek tempat mesin genset, Lanjut Irnanda, Ia dan kedua rekannya melihat ada dua orang yang sedang membuka sparepart mesin genset tersebut, lalu ia dan kedua rekanya langsung berinisiatif mengaman ke dua orang tersebut, namun sayang pelaku atas nama andre berhasil melarikan diri.

“pada saat kami mendekati ke dua orang tersebut, salah satu orang yang sedang membuka mesin genset tersebut berhasil melarikan diri dan hanya satu yang berhasil kami amankan, kemudian atasan kami langsung melaporkan hal tersebut ke pihak polres Bangka Selatan untuk di proses lebih lanjut,” Ujar Nanda.

Sementara, Seizin Kapolres Bangka Selatan AKBP. Joko Isnawan melalui Kasat Reskrim AKP. Chandra Satria Adi Pradana membenarkan adanya aksi pencurian di Komplek perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan.

“Sekira pukul 00.30 Wib, Senin (5/12) Kami mendapatkan Laporan dari pihak Satpol-pp bahwa di daerah Pemda Basel telah terjadi pencurian, kemudian anggota langsung menuju ke daerah tersebut. setelah sampai anggota langsung mengecek TKP dan memang benar ada pencurian dan satu pelaku atas nama Sudarto sudah di amankan oleh satpol-pp,” Kata AKP. Chandra.

Namun, lanjut AKP. Chandra, Salah satu Pelaku yang lain melarikan diri di ketahui bernama Andre (DPO) yang kini sedang dalam pencarian oleh pihak kepolisian.

Lalu, pelaku atas nama Sudarto beserta barang bukti langsung di bawa ke Mako polres Bangka Selatan untuk di lakukan tindak lanjut.

“Adapun barang bukti yang diamankan yakni, 3 Cover sead kipas Radiator, 5 Pipa Sirculasi Udara, 1 Cover Silinder Cop Samping, 1 Kisi-kisi Filter Udara, 1 Monting Pipa Oli Carter, 1 Cover samping Baling-baling Radiator, 3 Pipa Flexsibel Udara, 1 Blower Sead Turbo, 1 Cover Flexsibel Sead Udara, 1 Cover Baling-baling Kipas Radiator, 2 Radiator Sead, 1 Cover Pulli Radiator, 3 Pipa Sirkulasi Oli, 1 unit Sepeda Motor Vega warna Hitam, 1 Buah Senter Kecil, 2 Buah Palu, 2 Buat Kunci T, 6 Buah Kunci Buah, 1 buah Kunci Bentuk Y, 16 Buah Kunci Pas, 2 buah Kunci L, 1 buah besi Pahat, 2 Buah Tang, 1 Buah gergaji besi, 1 buah Scrup, 1 Buah Pisau, 1 Buah Tas,” Ujar AKP. Chandra.

“Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan perkara Tindak Pidana Pencurian sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 KUHpidana dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun,” Tungkasnya. (Riki)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d