Nasional

Begini Tips Mendaftar Paspor Online

×

Begini Tips Mendaftar Paspor Online

Sebarkan artikel ini
Andrie Eka Prasetyo, S.Kom Spv/penanggungjawab Unit Layanan Paspor Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar (kiri)

MAKASSAR, SEKILASINDO.COM –  Kantor unit layanan paspor – kantor imigrasi kelas I TPI makassar yang beralamat di ruko alauddin plaza townhouse No. 16-17, Jl. sultan alauddin kota makassar patut di apresiasi terkait cara memberikan informasi secara detail bagaimana tips yang mudah dalam mendaftar paspor online.

Saat menerima keluhan masyarakat mengenai cara mendaftar paspor online yang sering gagal (24/10), Supervisor unit layanan paspor Andrie Eka Prasetyo, S.Kom.,  yang akrab di sapa Andrie menerima dengan baik serta menjelaskan secara detail tips mendaftar paspor online sebagai berikut :

Click Here

Tips daftar paspor online :
1. Sebisa mungkin ajukan permohonan paspor sedini mungkin .
2. Download aplikasinya apapo v2 di appstore/playstore (icon aplikasi warna merah) di hp android/ios.
3. Daftar akun gmail atau gunakan akun gmail yg sudah ada (belum pernah daftar akun paspor online sebelumnya).
4. Buka aplikasi apapo v2 dan daftar akun gmail tersebut sampai tahap simpan.
5. Poin 3&4 sebaiknya jangan dilakukan di saat kuota antrian online dibuka ( jumat jam 14.00 waktu setempat) untuk menghindari crowded permohonan yang mengakses ke jaringan server apapo v2.
6. Setelah akun apapo v2 jadi, tes login via aplikasi apapo v2 untuk memastikan bahwa pendaftaran akun tersebut berhasil.
7. Hari jumat kuota antrian paspor online akan dibuka tiap jam 14.00 waktu setempat (kadang mundur beberapa menit), harap bersabar.
8. Satu akun apapo bisa membantu maksimal 4 pemohon lain (pemohon yang belum pernah mendaftar akun apapo v2) walaupun disyaratkan 1 kartu keluarga namun saat ini masih bisa walaupun pisah kartu keluarga, maksimal 5 pemohon dalam 1 akun.
9. Untuk pendaftaran senin/selasa sebaiknya maksimal bantu pemohon lain 1 saja (2 pemohon 1 akun, termasuk yang punya akun tsb).
10. Jika ingin lebih dari 2 pemohon dalam 1 akun sebaiknya pilih hari rabu, kamis atau jumat (direkomendasikan pagi hari karena kuota pagi lebih banyak dibanding kuota siang hari).
11. Khusus untuk antrian hari senin direkomendasikan 1 akun untuk 1 pemohon .
12. Untuk pemohon beberapa orang namun ingin hari senin, disarankan untuk buat akun apapo v2 di komputer /laptop karena 1 handphone cuma bisa daftar 1 akun.
13. Jika merasa terkendala saat pembuatan akun ataupun ingin berkonsultasi seputar apapo v2 bisa mendatangi kantor imigrasi terdekat di jam kerja (senin-kamis) dan untuk yang merasa akan terkendala saat booking antrian online silahkan ke kantor imigrasi terdekat hari jumat pukul 13.30 waktu setempat (disarankan sudah hadir sebelum kuota antrian online dibuka).

Dengan mengikuti tips tersebut, kami berharap seluruh warga negara indonesia yang ingin membuat paspor akan lebih mudah, ujar Andrie.

Terkait layanan online apapo v2 di makassar yang telah release sejak akhir tahun 2018 oleh Direktorat Jenderal Imigrasi memang masih banyak menemui kendala namun dengan adanya keluhan masyarakat seperti ini, akan menjadi masukan yang sangat baik dan tentunya kami akan terus berbenah untuk memberi kemudahan kepada seluruh masyarkat indonesia dalam membuat paspor, tutup Andrie. (Hr)

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d