DaerahEkBisPendidikan

SMP Binaan PT AAL, Buat Vas Bunga Terbuat Cangkang Sawit

×

SMP Binaan PT AAL, Buat Vas Bunga Terbuat Cangkang Sawit

Sebarkan artikel ini

PASANGKAYU, SEKILASINDO. COM-Siswa SMP Astra Makmur Jaya termotivasi setelah menonton video yang ditayangkan di salah satu youtube cara pembuatan vas bunga terbuat dari daur ulang.

Murid kelas 7b merasa dirinya tertantang setelah melihat video tersebut dan mengumpulkan material seperti kertas, botol, lidi dan cangkang kelapa sawit, hingga merangkai sebuah vas bunga.

Click Here

Fadillah mengaku, inspirasi itu muncul ketika melihat video dari youtube dan sehabis menontonnya langsung mengumpulkan bahan materialnya.

“Apalagi ada penilaian untuk akhir semester di sekolah, disitulah saya mulai merangkai vas bunga terbuat dari bahan bekas seperti cangkang dan lidi kelapa sawit,”urainya.

Dirinya juga sampaikan, pembuatan vas bunga ini bukan hanya sebatas untuk pengambilan semester ganjil saja dan itu akan saya buat lebih banyak lagi.

“Vas bunga itu sangat bagus terlihat oleh pandangan mata, apalagi kalau bunganya warna warni, maka saya putuskan akan buat lebih banyak lagi, sehingga dapat bermanfaat bagi keindahan sekolah dan rumah kami,”harap putri Syarifudin.

Kepala SMP Astra Makmur Jaya, Abdul Majid mengatakan, kegiatan seperti ini adalah salah satu yang diajarkan dalam muatan lokal Pendidikan Lingkungan Kebun Kelapa Sawit (PLKS).

“Sekolah ini salah satu binaan PT Letawa anak perusahaan PT Astra Agro Lestari (PT AAL) yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, agar siswa dapat mengenal perkebunan, sehingga dapat menggali manfaat material di sekitar lingkungan mereka seperti lidi dan cangkang sawit,”terangnya belum lama ini.

Menurutnya, penilaian akhir semester Muatan lokal PLKS, selasa 25 juni 2019 lalu dan salah satu SMP Astra Makmur Jaya sangat menunjang program menuju Adiwiyata Mandiri.

“Kegiatan ini adalah bentuk andil menjaga lingkungan sekolah dan sekitar dalam memberikan edukasi kepada para siswa SMP Astra Makmur Jaya,”ungkap Abdul Majid.

Diketahui, selain vas bunga, ada juga siswa yang membuat tempat tissu, keranjang buah, kaligrafi dan kerajinan tangan lainnya yang berbahan material dari kelapa sawit.

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d