Sekilasindonesia.id, || CILEGON – Komunitas Minang yang tergabung dalam Solok Saiyo Sakato menunjukkan kepedulian terhadap nasib para pedagang yang terdampak pandemi COVID-19 dan relokasi pasar Kranggot.
Dalam sosialisasi Bank BTN Kota Cilegon, Ketua Solok Saiyo Sakato, Maizal Hardi, menegaskan pentingnya peran perbankan dalam memediasi solusi permodalan bagi para pedagang yang kini kesulitan menjalankan usaha mereka.
Para pedagang, terutama yang kaki lima, telah lebih dari sebulan tidak bisa beraktivitas secara maksimal, banyak di antara mereka yang kehabisan modal.
“Karena itu, kita perlu hadir, mencari solusi bersama pihak perbankan,” ujar Maizal, Selasa (29/07/2025).
Menurut nya dengan menggandeng Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Cilegon, Maizal memfasilitasi sosialisasi berbagai produk keuangan kepada komunitas pedagang Minang Kota Cilegon.
Salah satu fokus utama adalah akses terhadap Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pemanfaatan teknologi pembayaran digital seperti QRIS BTN.
“Harapan kami, solusi yang ditawarkan BTN bisa menjawab kebutuhan riil para pedagang, dan mudah-mudahan ke depan lebih banyak pihak yang peduli dan terlibat,” pungkas Maizal.
Dalam kesempatan yang sama, Rian Adrinal, selaku Brief Founding Consumer BTN Cabang Cilegon, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen BTN untuk mendorong inklusi keuangan di masyarakat.
Kami ingin masyarakat, khususnya komunitas Minang, mengenal dan memanfaatkan sistem pembayaran digital seperti QRIS BTN.
“Ini mempermudah transaksi, membantu pencatatan omzet secara real-time, dan tentu meningkatkan efisiensi usaha,” jelas Rian.
Lanjut Rian menjelaskan bahwa meskipun ada syarat dan analisa kredit, skema KUR BTN memungkinkan pelaku UMKM untuk tetap menjalankan usahanya dengan dukungan keuangan formal,” paparnya.
Selain itu BTN juga memperkenalkan fitur-fitur lengkap dari aplikasi mobile banking BTN, yang kini mampu melayani berbagai kebutuhan masyarakat.
Mulai dari pengecekan rekening koran hingga satu tahun ke belakang, pembukaan rekening baru, pengajuan kredit (KPR, KUR, kartu kredit), hingga layanan deposito, pembelian pulsa, pembayaran listrik, PDAM, pajak, bahkan layanan rumah tangga seperti tukang ledeng dan servis AC.
“Kami ingin BTN menjadi mitra harian masyarakat dengan fitur seperti auto transfer dan integrasi QRIS, transaksi lebih cepat, aman, dan transparan,” tambah Rian.
Bagindo Yakub.