BANDUNG- PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar program School Camp 2025 di Saung Angklung Udjo (SAU), Bandung, pada 20–21 Juni 2025. Kegiatan ini melibatkan 42 pelajar dan guru dari 12 sekolah di Jakarta dan Jawa Barat untuk memperkuat pelestarian budaya angklung.
Dengan tema “Generasi Muda Beraksi, Angklung Sekolah Satu Hati Menginspirasi”, program ini menjadi bagian dari inisiatif Sekolah Satu Hati (SSH) yang diusung AHM sejak 2014. Peserta dibekali pemahaman tentang sejarah dan teknik pembuatan angklung, pelatihan bermain angklung, serta keterampilan public speaking untuk menjadi duta budaya di lingkungan sekolah.
“Keseriusan kami menjaga warisan Indonesia disambut antusias oleh pelajar dan guru. Sejak 2014, kami mendorong partisipasi aktif mereka dalam mengenalkan seni angklung,” ujar General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, Jumat (21/6/2025).
Muhibbuddin menambahkan, AHM juga mendorong pemanfaatan media sosial dan literasi digital sebagai sarana kampanye budaya di kalangan pelajar. Kolaborasi dengan Saung Angklung Udjo dinilai strategis karena lembaga ini telah mempromosikan angklung hingga mancanegara.
“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kami akan terus mengembangkan talenta bermusik angklung dan memperkuat eksistensinya sebagai warisan budaya yang diakui UNESCO sejak 2010,” ujarnya.
Adapun peserta berasal dari berbagai jenjang pendidikan, seperti SMAN 13 Jakarta, SMAN 80 Jakarta, SMP Hang Tuah 3 Jakarta, SMK Mitra Industri MM2100, dan SMAN 2 Cikampek.(*)