DaerahHot News

Ngatawi El-Zastrow Mengisi Acara Pembinaan Moderasi Dosen UIN Banten

×

Ngatawi El-Zastrow Mengisi Acara Pembinaan Moderasi Dosen UIN Banten

Sebarkan artikel ini

Sekilasindonesi.id,|| – Ngatawi El-Zastrow, budayawan yang pernah menjadi asisten pribadi Gus Dur, menyampaikan materi pembinaan moderasi beragama bagi dosen dan karyawan Fakultas Syariah UIN SMH Banten. Kegiatan yang diadakan di Hotel Nunia Tamansari ini bertujuan mendesiminasikan nilai nilai moderasi kepada seluruh civitas akademika.

Moderasi beragama, menurut El-Zastrow bukan sekedar teori tetapi sikap yang harus dimiliki umat beragama. Apalagi dosen dan karyawan fakultas Syariah dituntut berpikir moderat di dalam mengimplementasikan ajaran Islam.

Click Here

Moderasi tidak cukup diukur dengan infrastruktur melainkan yang terpenting ialah pemahaman dan pengamalan dalam bentuk sikap beragama yang tasamuh (moderat), tawazun (berimbang) dan taadul (berkeadilan).

Jika masyarakat Banten menganggap telah moderat dengan alasan dan pembuktian keberadaan infrastruktur tempat peribadatan semua agama di Banten, maka sejatinya yang lebih penting adalah sikap beragama yang moderat dari warga masyarakat Banten.

Dikatakan El-Zastrow, bahwa bersikap moderat tidak menghalangi seseorang berpikir fanatis. Fanatisme itu penting dan orang yang tidak berfikir fanatis justru akan dipertanyakan komitmennya. Sebagaimana kita fanatis berpikir bahwa pasangan hidup kita adalah terbaik buat kita, maka demikian pula kita berpikir fanatik terhadap agama kita.

Kesalahan kita adalah jika kita memahami fanatik dalam pengertian bahwa hanya agama kita yang paling benar dengan menjelek-jelekkan agama lain. “Ini fanatik yang salah kaprah,” kata El-Zastrow di hadapan peserta pembinaan moderasi beragama.

Bagindo Yakub.

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d